Profil MI SGD

Card image cap

profil mi

admin
4
Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam formal di Indonesia telah muncul dan berkembang seiring dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Madrasah tersebut telah mengalami perkembangan jenj

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam formal di Indonesia telah muncul dan berkembang seiring dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Madrasah tersebut telah mengalami perkembangan jenjang dan jenisnya seirama dengan perkembangan bangsa Indonesia, semenjak kesultanan, masa penjajahan dan masa kemerdekaan. Perkembangan tersebut telah mengubah pendidikan dari bentuk pengajian di rumah-rumah, terus ke mushalla, masjid dan ke bangunan sekolah seperti bentuk madrasah yang kita kenal saat ini. Salah satu cita-cita umat Islam Indonesia yang sering dikumandangkan para pemimpin umat menjelang kemerdekaan ataupun setelah kemerdekaan adalah adanya lembaga pendidikan yang mampu menyiapkan calon ulama yang cendekia dan cendekia yang ulama. Dengan istilah lain, menyiapkan peserta didik yang dapat memadukan iptek dan imtaq. Inilah harapan utama masyarakat pada madrasah. UIN Sunan Gunung Djati sebagai lembaga yang salahsatunya mengahsilkan sumber daya manusia yang konsen dalam bidang pendidikan sudah sepantasnya memiliki laboratorium lembaga pendidikan Islam. Pada prosesnya lembaga tersebut dituntut mampu bersaing dan sekaligus menjadi role model bagi lembaga pendidikan islam lainnya. hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri madrasah di kancah dunia pendidikan baik dalam skala nasional maupun internasional. Oleh karena itu sekolah ini dimanai dengan “Madrasah Ibtidaiyah Sunan Gunung Djati” yang menempati 2563 m2 sehingga memiliki prospek pengembangan sarana dan prasarana yang memadai di masa yang akan datang.